Rabu, 02 Desember 2020

Mengenal Waktu: Hari



MaasyaaAllah Tabarakallah

Alhamdulillah akhirnya setelah sekian lama terpendam dalam otak akhirnya materi tentang waktu tertulis sudah.

Ini adalah materi yang mabun buat untuk pembelajaran Nusa 5y tentang waktu. Dimulai dari pondasinya dulu dengan mengusung surat Al-Ashr 1-3 tentang Waktu/Masa.

Semoga materi yang mabun buat ini segera dijabarkan persubtema agar lebih mudah lagi disampaikan ke jagoan.

Setelah sebelumnya materi tentang Tubuhku selesai di bulan November sebenarnya target tentang waktu ini inginnya tuntas di bulan Desember. Namun mengingat bulan ini Nusa sudah mulai main bersama teman jadi efektivitas penyampaian materi sengaja dilonggarkan mungkin sampai bulan Januari. Semoga saja gak meleset dari itu.

Sejatinya saat belajar seperti ini mabunnya jadi belajar lagi. Betapa diri ini masih harus terus belajar dan belajar lagi. Dan memang belajar haruslah sepanjang hayat.

Pertanggal 1 Desember kemarin Nusa sudah mulai belajar tentang hari. Jagoan yang emang kecendrungan gak bisa diem alias kinestetik ini lebih mudah diberikan materi sambil menggerak-gerakan tubuhnya. Terlebih dia juga mudah mengingat dengan mendengar jadilah pakai adegan bernyanyi nama-nama hari baik dalam versi bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris sambil menjodohkan (geser lihat gambar). Alhamdulillah semoga semangat ini terus menyala. Aamiin

Adik selama Mas Nusa belajar pun ikut belajar. Meski dengan materi yang berbeda namun karena sering mendengar masnya bernyanyi nama-nama hari dia jadi hapal sendiri. Materi adik masih seputar ikan. Tetep ya belum bisa move on 😂😂😂

Alhamdulillah gak terasa hari ini bermain di hari ke tujuh untuk mengamati gaya belajar jagoan. Di zona 4 ini kami sebagai ibu bertugas untuk mengamati dan mengobservasi gaya belajar anak-anak. Oleh karena itu permainan ini menggerakkan 3 gaya belajar dari mulai visual, auditori, dan kinestetik.
Hari ini proyek yang dilakukan Nusa Mengenal hari. Dilihat dari segi ICAN sesuai materi yang dijelaskan oleh kakawi ternyata permainan ini bisa menyentuh seluruh aspek.

Nusa 5y
Aktivitas hari ini 
Menjodohkan nama hari


Proses kreativitas
Jagoan menyusun nama hari lalu menjodohkannya dengan berbagai cara yakni membaca dan bernyanyi
Tujuan belajar
Mengenal waktu terutama hari dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris

IC (Intelectual Curiosity)
-Bagaimana menyusun nama hari yang tepat
-Bagaimana menyelesaikan tantangan dalam menjodohkan nama hari

CI (Creative imagination)
Jagoan menyusun nama hari dengan berpikir dan menyanyikan lagu yang membuatnya mampu menyelesaikan soal menjodohkan.

Kebebasan jagoan dalam menyelesaikan tantangan dimulai dari menemukan nama harinya dalam bahasa Indonesia lanjut bahasa Inggris. Baru kemudian menyusunnya dimulai dari hari ahad sampai dengan hari sabtu.

AD (Art Of Discovery)
Nusa begitu bersemangat menyusun soal menjodohkan nama hari dalam 2 bahasa.
Setiap dia lupa dia akan bernyanyi lagi

NA (Nobel of Attitude)
-memulai dengan basmalah
-mengurutkan nama hari dari bahasa Indonesia lalu menjodohkan dengan nama hari dalam bahasa Inggris

Refeleksi
Alhamdulilah, hari ini tantangan menjodohkan nama hari dalam 2 bahasa selesai. Nusa sudah mulai memahami nama-nama hari dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Senang sekali rasanya meski mengguakan tekni bernyanyi karena memang dia lebih auditori dan kinestetik.  Semoga materi tentang waktu dapat diselesaikan dengan baik

Semangat mak!
#KisahMabunNusaNTara #belajaralaNusa #belajaralaTara

#harike7
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia


Oke ini #KisahMabunNusaNTara #belajaralaNusa #belajaralaTara  #BackToQuran #idebermain #waktu #namahari 

NB: Monggo yang mau nambahin ayat tentang waktu mabun terima dengan senang hati karena mabun pun masih cari-cari lagi 😃

Terima kasih dan sayang 🌹


Tidak ada komentar:

Posting Komentar