Sabtu, 11 Januari 2014

Colenak :9

Pernah dengar makanan khas Garut yang bernama colenak?

Saya baru mendengar, melihat, dan pada akhirnya merasakannya saat ngebolang "Mendadak Garut"

Sahabat saya, Rissa selama di Garut selalu bilang ingin makan colenak ini. Saya yang penasaran pada akhirnya ikut merengek mencari makanan ini.

Sahabat Farah, yang pernah hampir 5 tahun tinggal di Garut pada akhirnya bersedia mengantarkan kami untuk mencari makanan ini.

Kami pada akhirnya menemukannya saat di Garut kota, letaknya tak jauh dari Masjid Agung Garut, di depan kantor pos.

Penasaran, akhirnya saya memperhatikan juga bapak-bapak penjual meramu makanan ini.

Colenak terdiri dari tape yang dibakar, lalu dipotong-potong kecil, kemudian disiram pakai kuah gula merah dan parutan kelapa. Tak lupa dilengkapi taburan kacang tanah yang disangrai. Rasanya muaaaaniiiisssss. Enak sih, tapi kalau kebanyakan nggak enak. Hehehe

Harganya murah meriah, Rp3500 sudah dapat sepiring penuh, plus dapat segelas teh tawar hangat.

Di Garut, pedagangnya hanya dua orang, dan itu terkenal sekali. Nggak percaya? Tanya saja sama orang-orang di sekitar Masjid Agung Garut, di mana penjual colenak berada. Pasti semua pada memberitahu di tempat yang saya sebutkan di atas.

Oke selamat mencari, selamat memcoba.

Colenak, enak :9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar