Senin, 06 Januari 2014

Khas Garut yang Tak akan Surut

Pernah dengar Cokelat Enteng Jodoh? Cokelat Gawat Darurat? Cokelat Konspirasi Kemakmuran atau Cokelat kudeta Jiwa? 

Alamak! saya juga baru beberapa hari terakhir kemarin membaca dan melihatnya secara langsung. 

Itu apa? Iya itu cokelat dengan teman-tema unik yang disuguhkan di sebuah etalase toko yang menjual oleh-oleh Khas Garut. mantap Jaya ya kreativitasnya. Segala yang sedang menjadi tren bergegas menginspirasi sebuah prodak. Hasilnya? Menarik karena banyak yang berminat untuk membeli atau sekadar coba-coba.

Petualang Ngebolang "Mendadak Garut" ternyata membawa kisah tersendiri bagi saya dan rekan-rekan seperjalanan. Salah satunya bertemu dengan oleh-oleh khas Garut ini.

Cokelat-cokelat inilah bagian dari variasi chocodot alias cokelat dodol yang kini tengah makan (naik) daun menjadi oleh-oleh khas wajib jika Sahabat semua berkunjung ke Garut. Harganya juga lumayan khas... heheh melebihi harga ukuran silver queen mini. Tapi kalau dari segi rasa bolehlah diadu apalagi ini makanan produksi dalam negeri. Untuk aneka cokelat beraneka tema ini di jual kisaran harga Rp18.000. Oleh-oleh khas Garut ini berada sekitar 2km dari Masjid Agung Garut tepatnya daerah Sukaregang. Sepanjang Sukaregang berbagai oleh-oleh khas Garut tersedia jadi jangan lupa mampir dan beli yaa.


Kang Agit dan dagangannya
Selain Chocodot ada beberapa jenis barang yang menjadi duta oleh-oleh yakni aneka hasil olahan kulit sapi dan kulit domba. Apa itu? Jeng-jeng... yap! Ada jaket kulit dan juga aneka sendal khas Garut yang sudah di ekspor ke manca negara salah satunya USA. Kok bisa tahu? 

Waktu itu saat kami ingin membeli sendal kulit khas Garut kami mampir di sebuah toko Homade yang menjual aneka kerajinan kulit mulai dari jaket... aneka sendal... hingga gantungan kunci. 

Kami (Saya Rissa dan Farah) Bocah Ilang yang bertualang ke sana banyak berinteraksi dengan Kang Agit sang empunya toko. Harga jaket kulit dengan kualitas no. 1 di tawarkan dari kisaran harga Rp600.000- Rp1.750.000. Kerajinan homade ini sudah masuk di mal-mal besar Jakarta lho. Salah satunya SOGO. Tapi kalau di SOGO harganya bisa dijual dua kali lipat. Saran saya... bagi teman-tean yang suka atau ingin punya jaket kulit mending beli di Garut saja. Kualitas nomor satu harga pun bermutu alias "murah tuh". Sumpah jaketnya keren-keren... tapi bagi kami Bocah gembel yang bertualang ke sana harga segitu masih membuat kami berpikir dua kali untuk membeli. Masih banyak tanggungan diawal bulan yang harus diselesaikan. Hehehe jadi kami hanya membeli sendal kulit saja yang katanya Kang Agit sih bisa awet antara 1-2 tahun. Kita akan buktikan!

Oke cukup sekian tulisan kali ini. Semoga menginspirasi para Sahabat untuk berkunjung ke Garut.

2 komentar:

  1. lucu juga nama² produk coklatnya..
    daerah sukaregang ya? nanti ane masukin ke destinasi trip ane lah klo maen² ke daerah jawa barat..

    makasih infonya ya.. thx for sharing :)

    BalasHapus
  2. Nama nya kocak tp garut yg oaling gw demen yaaa jaket kulit nya kualitas juara

    BalasHapus