Jumat, 25 Januari 2019

Berlatih motorik halus

Awan kini usianya masih 3 tahun 9 bulan. Meski demikian, minat untuk masuk sekolahnya sudah sangat besar. Akan tetapi, saya masih belum izinkan sebelum usianya masuk 5 tahun. Oleh karena itu, saya sedari kecil sudah terbiasa menstimulus dia dari motorik halus maupun kasar. Dua hari ini Awan sudah mulai latihan menebalkan garis putus-putus. Semuanya terangkai secara sederhana karena tiba-tiba ide datang dari dirinya sendiri yang ingin sekali belajar baca dan tulis. Kalau soal baca saya lebih menekankan agar baca Al-Quran dulu ketimbang alfabet. Dia setuju! Tapi tetap saja hasrat untuk menulisnya besar. Jadi saya mulai latih motorik halusnya dengan belajar memegang pensil, penghapus, spidol, dan pensil warna. Agar dia terbiasa menggunakan alat tulis itu. Alhamdulillah dua hari ini lancar jaya bahkan dia minta lagi dan lagi.

Berikut ini beberapa latihan yang saya berikan. Selain menambah ilmunya tentu saja membantu saya karena saya bisa mengerjakan pekerjaan yang lain. Ini semua salah satunya berkat ilmu dalam managementnya gadget di kelas foundation IIP. Sebenarnya tidak ada kaitannya dengan gadget tapi persoalan waktulah yang akhirnya membuatnya menjadi terkait.

Saya memang suka membuat mainan untuk anak. Akan tetapi, sejak ada adiknya Awan kekreatifan itu lambat laun memudar. Saya terlalu sibuk dengan adiknya jadi waktu bermain dengan Awan jadi berkurang. Tapi itu dulu, sekarang sudah tidak lagi karena saya mulai menjadwal ulang. Saya bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa cuek ke anak. Anak pun beraktivitas dengan senang karena emaknya ada di sampingnya juga sedang beraktivitas macam ngelipetin baju, menata buku dll. :)

Yuk dicek awan sudah belajar apa saja

Awan level 1-5 menebalkan garis dan menggunting
24 Jan 19

Awan menebalkan garis dan siap mewarnai
Level 6-7


Tema tetap berkaitan dengan Ciptaan Allah. Sebelumnya dia berkutat dengan papan tulis. Belajar berhitung, menjodohkan, dan mencari jalan keluar. 

Metamorfosis

Berhitung


Menjodohkan



Demikianlah permainan dalam dua hari ini semoga saya bisa terus membersamai tumbuh kembang awan dan angkasa hingga dewasa. Aamiin




Tidak ada komentar:

Posting Komentar