Selasa, 27 November 2012

Puput: Aku Pembantu Bahagia

Ngerasain kerja jadi pembantu ternyata enak juga Lho. Aku bahagia pokoknya jadi pembantu. Alhamdulillah gusti Allah Pangeran Dunia akhirat itu baik sama aku. Meskipun hanya seorang pembantu tapi derajatku di sini nggak kaya pembantu. Malahan kerjaanku enak nggak repot dan ndak susah. 


Keluara ini memang baiknya nggak ketulungan. Tapi meskipun baik aku sedih juga sih karena mereka jarang di rumah. Setahuku mereka berdua sering ke luar negeri tapi ndak tahu di mana aku ndak pernah tanya. Rumah mereka gede. ada kolam renangnya dan mereka ndak pernah ngelarang aku untuk berenang di kolam renang itu. Kalau ngomongin gaji. alhmdulillah cukup untuk ngirim ke Bu'e dan Pa'e di Kampung.Satu juta dua ratus terkadang masih ditambah bonus kalau aku kerjanya beres dan bikin anak Bu Alin dan Pak Bagus seneng.

Den Rio. Aku biasa manggilnya begitu. Masih kelas empat SD. Pinter banget sekolahnya bahkan semster kemarin rapotnya dapat peringkat satu. Lha wong kemarin yang ambil rapotnya aku. Maklum Papi dan Mami (Biasa den Rio sebut itu) jarang ada di rumah. Paling lama di rumah tiga hari itupun di sambi keluar-keluar sebentar entah sekadar ngajak Den Rio makan di luar atau ngajak ke tempat wisata. Kok aku tahu? Lah Wong aku diajak.

Oh iya lupa... Namaku putri biasa di rumah ini dipanggil Puput. Kalau Den Rio manggilnya Mbak Puput. Di rumah segede ini kami tinggal berenam. ada papi dan maminya den Rio terus ada Mang Sudi dan Bi yati terus yang terakhir aku. Meskipun papi dan maminya Den Rio sering nggak ada di rumah tapi ruamh ini rame ndak pernah sepi karena kami sering banget ngobrol bareng di ruang TV eh ruang keluarga maksudku.

Nah kalau Mang Sudi dan Bi Yati tuh suami isteri. Mang Sudi yang biasa anter-anter Bu Alin dan Pak Bagus pergi. Kalau Bi Yati tugasnya masak dan beberes rumah. Kalau aku tugasnya nyuci dan nyetrika. dan hampir sebulan yang lalu aku dapet tugas dari Bu Alin untuk ngajarin atau nemenin Den Rio belajar.

Dibilang susah pekerjaanku ya nggaklah. Guampang. Bayangin saja tho...jam empat habis salat aku langsung nyuci. nyucinya pakai mesin cucilah sambil nyambi nyiapin keperluan Den Rio sekolah. Setelah itu ngejemur dan setrika cucian kemarin. Cuciannya nggak banyak maklum rata-rata baju Bu Alin dan Pak Bagus yang bagus-bagus di Laundry. Paling banyak baju Den Rio Bi Yati dan Mang Sudi. Sesekali kalau sudah selesai semua aku bantuin Bi Yati apa gitu misalnya ngupas bawang merah dan bawang putih atau terkdang metikin sayur.Pokoknya Uenak bin Asrep kerja di sini.

Kalau sore Den Rio baru pulang sekolah langsung siapin tata-tata makanan untuk Dia. Den Rio juga alhmdulillahnya nurut orangnya. Dulu kata Bi Yati sebelum ada aku Den Rio makannya minta disuapin tapi setelah ada aku alhmdulillah mau makan sendiri dan gak rewel minta ini itu. Aku sering bantu Den Rio ngerjain PR. tapi bukan aku yang ngerjain lho. Den Rio cuma tak ajarin doang. Aku kaya ibu guru gitu. Alhmdulillah meski pembantu gini aku lulusan SMA lho. Yah meskipun ndak sanggup nerusin sekolah sampai tinggi tapi aku seneng setidaknya ilmuku bermanfaat tho?

Bu Alin juga seneng karena aku mau bantuin Den Rio belajar. Bahkan diem-diem aku ngajarin Den Rio salat sama ngaji. Kasian aku... masa udah SD baca Iqra aja ndak bisa. Kalau di kampungku sudah baca Al-Quran. Di rumah ini yang salat cuma aku Bi Yati dan Mang sudi. Yang lainnya ndak pernah tuh aku lihat salat. Habis aku ndak pernah cuci mukena dan sarung. Kalau mukenaku dan Bi yati dua minggu sekali pasti dicuci. Makanya aku rada takut sebenarnya mereka islam atau ndak. Tapi Islam lah  di depan ruang tamu ada lukisan ayat kursi dan yasin. apa cuma dijadiin pajangan doang ya? ndak tahulah. Tapi sing pasti aku seneng sekarang Den Rio sudah bisa baca Iqra dan mau tak ajarin salat. Kata Bi Yati ndak apa-apa aku ngajarin gitu habis siapa lagi yang mau ngajarin.

"Mbak Puput aku udah hapal doa iftitah" Ujar Den Rio saat aku sedang melipat pakaian yang telah kering dijemur. Akupun cepet-cepet datengin Den Rio. Mau Tak test. Alhmdulillah lancar padahal baru tiga hari yang lalu aku ngasih doa iftitah yang tak tulis pakai bahasa Indonesia.

"Ya Allah Gusti... Den Bagus den udah hapal nanti tinggal Mbak Puput kasih catetan untuk rukuk dan sujud ya" Jelasku sambil senyum. Den Rio itu seneng banget dipuji dan memang patut dipuji. 

"Iya Mbak Puput. Nanti aku hafalin. Tapi tulisannya jangan miring-miring dong Mbak. susah bacanya" Ungkapnya jujur sambil tersenyum.

"Iya Den maaf kemarin Mbak nulisnya buru-buru. Habis Den Rio mintanya cepet-cepet sih" Ujarku sambil berjalan masuk ke ruang setrikaan untuk bersiap menyetrika.

"Mbak... Mami sama papi hafal nggak sih doa ini? aku pengen ngetes mereka ah kalau mereka besok dateng?" Tanya Den Rio dan bikin aku diem. Aku ndak tahu mamiatau papinya hapl atau ndak. aku juga ndak bisa jawab. jadi aku diem aja sambil senyum.

Besoknya Papi dan Mami Den Rio datang. Baru saja mereka menyuruh aku untuk membawa tas mereka ke kamar. Den Rio sudah kegirangan menyambut kedatangan mereka. Biasanya Bu Alin dan Pak Bagus ngasih oleh-oleh. kalau ndak mainan ya baju. Aku sudah hapal dan aku pasti dapat gantungan kunci dan juga coklat dari mereka.

"Gimana sekolah kamu sayang? Temennya ada yang nakal nggak? "Ujar Bu Alin sambil menciun dahi Den Rio dan Den Rio pun menggeleng.

"Papi... Mami duduk sebentar sini ya... Rio mau nunjukin sesuatu" Ujar Den Rio lalu menyuruh kedua orangtuanya duduk di sofa ruang TV. Papi dan Mami Den Rio pastinya langsung nurut. 

"Allahu Akbaru kabira walhamdu lillahi kathira wasubhanallahhi bukratau waasila. Inni Wajjahtu wajhia lillazi fataras sama wati wal ardha hanifam muslimaw wama ana minal musyrikin. Inna solati wanusuki wamahyaya wammamati lillahi rabbil’alamin. La syarikalahu wabiza lika umirtu wa ana minal muslimin."

Aku bener-bener ndak sangka lihat Den Rio Barusan. Dia baca doa iftitah di depan mami dan papinya. Aku kaget sampai-sampai aku diem jadi patung di belakang Bu Alin dan Pak Bagus. padahal saat itu aku lagi bawa jinjingan oleh-oleh.

"Mami sama Papi tahu aku baca doa apa?" Den Rio lalu mendekat dan duduk di antara mereka. Dan aku bergegas masuk ke arah ruang makan untuk menaruh barang-barang bawan yang kebanyakan isisnya makanan. Jujur aku rada takut. Nanti aku dimarahi lagi. haduh gimana tho ini.

"Put... Puput... Sini kamu" Ujar suara Bu Alin Manggil aku. Haduh deg-deg pyar. aku langsung ke ruang TV. sedikit takut-takut aku nunduk. Aku ndak pernah diomeli sama Bu Alin. Aku takut nanti aku diomelin gara-gara ngajarin Den Rio baca doa iftitah.

"Maaf Bu... Puput ndak maksud lancang ngajar-ngajari Den Rio gitu... maafin Puput ya Bu." Ucapku akhirnya saat berada di hadapan mereka.

"Ya Amput Put-put... kamu tuh kalau ngjari Rio yang bener. Masa cuma doa iftitahnya aja?Bacaan rukuk dan sujudnya belum. Tahiyat awal dan tahiyat akhir juga" Jelas Bu Alin. Aku kuaget banget Bu Alin ngomong gitu. Berarti ndak apa-apa kalau aku ngajarin Den Rio salat. Alhmdulillah.

"Putri makasih ya... udah mau ngajarin Rio salat dan katanya kamu juga ngajarin Rio baca Iqra. Haduh untung ada kamu Put. Kami yang orangtuanya saja nggak becus. Ya Sudah mulai detik ini juga kita jamaahan. Hampir lupa atau bahkan melupakan tata cara salat. Aku ini payah" Ujar Pak Bagus seperti menyesali kelupaannya sama Gusti Pangeran Dunia Akhirat: Allah. 

Ya Allah semoga keluarga ini senantiasa engkau rahmati dan sayangi. Mereka tidak lupa padaMu Ya Allah. Rezekiku dariMu mengalir melalui mereka. Semoga Engkau ampuni dosa-dosa mereka selama ini. Aamiin. Doaku dalam hati. Aku seneng jadi pembantu di rumah ini. Aku bahagia ^_^


Bintaro
35 menit saat jam Istirahat. 
Yuk salat zuhur






Tidak ada komentar:

Posting Komentar