Jumat, 11 September 2020

Jurnal Komprod 9: pada diri sendiri

Bismillah...
Komunikasi produktif yang berjalan hari demi hari. Niatnya sudah ada, diresapi. Namun terkadang esmoni lepas kontrol hingga tak terkendali.

Penyebabnya biasa, sumbu pendek. Memang ya namanya perempuan kalau sudah lapar lelah harus diselamatkan agar lebih setrong menjalani hidup dan kehidupan keluarganya.


Karena kalau sudah tumbang semuanya jadi berantakan.


Temuanku hari ini

Aku terlalu sedih. Sedih memikirkan ini dan itu. Menyebabkan esmoni tidak stabil dan berpengaruh dalam menjalankan peran sebagai istri dan juga ibu.



Tantanganku

Menghadapi diri dan senantiasa berpikir positif terhadap segala sesuatu. Bahwasannya segala hal yang terjadi dalam hidupku sudah bagian dari ketetapannya. Tidak boleh larut dalam kesedihan. Tidak boleh tenggelam dalam hal yang membuat hati menjadi tidak hepi.


Akibat blocking pada diri akhirnya dampak yang kurasakan dalam menjalani hari ini jadi berasa tidak mudah. Mudah lelah, mudah marah. Jangan pakai alasan kehamilan sebagai penyebab. Toh penyebab utamanya adalah ketidakrelaan diri menjalani dan menghadapi suatu masalah dan problematika hidup.


Jujur, aku ingin pulang. Namun, pandemi membuat ceritanya menjadi lain dan berbeda. Tidak sesuai dengan ingin dan tidak sesuai dengan harap.


Namun aku mencoba ikhlas untuk menghadapai dan menjalaninya. Karena kalau bukan dimulai dari diriku sendiri lalu siapa lagi.


Jangan sampai masalah itu malah memperuwet keadaan. Terlebih jagoan kedua lagi sariawan dan merengek terus mungkin juga karena perasaan diriku yang sedikit kalut karena gak bisa pulang.🙈

Menjabarkan permasalahan dan mencari solusi bersama suami seolah menjadi angin segar. Meski pada akhirnya aku tetap kecewa dengan keputusan akhir. Intinya sih tetap tidak bisa pulang.


Membaca cerita tentang seorang raja dan perdana mentrinya yang senantiasa mengatakan semoga ini ya g terbaik seolah menjadi petunjuk bagiku untuk lebih legowo dan ikhlas.


Yap, aku harus lebih legowo lagi dan senantiasa menyampaikan afirmasi positif dalam diri bahwa yang terjadi dalam hidupku adalah yang terbaik dari Allah untukku dan keluargaku.


Apapun kondisinya tetap harus meninggikan syukur dan sabar. Alhamdulillah


Rencana esok semoga selain mampu berkomunikasi positif pada diri aku juga mampu berkomunikasi produktif pada yang lain. Aamiin aamiin aamiin Ya Rabbalamaiin











#harike9
#tantangan15hari
#zona1komprod
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar