Jumat, 02 Oktober 2020

Itu Sampahnya, Dek!

Hari ini adalah tantangan hari kedua yang harus ditulis setelah diaplikasikan. Melatih kemandirian anak saya fokuskan untuk anak kedua, yakni Amurwa Angkasa Tara yang saat ini berusia 2 tahun. 


Temuan :

Amurwa senantiasa meletakkan sampahnya tergeletak begitu saja. Setelah selesai makan camilan atau jajan dia jarang membuang sampah pada tempatnya, tempat sampah. Jadi saya mengajak dia untuk membuang sampah terutama bekas jajanannya di tempat sampah.


Hari ini selagi bangun tidur Amurwa langsung makan camilan favoritnya biskuit. Seperti biasa bungkusnya masih tergeletak diam disampingnya begitu saja 😂. Lalu saya tunjuk, Dek... Itu sampahnya.

Alhamdulillah dia senyam senyum dan paham. Dia ambil bekas bungkusan camilannya dan berjalan menuju tempat sampah di dapur. 

Sudah dibuang, Bun ujarnya dan saya bilang Hebat yeay! Tepuk tangan.



Strong why 

Agar Amurwa terbiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungannya. Dimulai dari kebiasan sederhana dulu dengan membuang sampah pada tempat sampah. 


Strategi

Mengarahkan dengan cara Sounding terus menerus agar Amurwa mau membuang sampahnya di tempat sampah.

Meminta seluruh anggota keluarga untuk senantiasa mengingatkan Amurwa. Tidak boleh merasa kasihan dengan membuangkan sampahnya Adik meski dia anak paling kecil saat ini. 

Alhamdulillah keluarga juga antusias dengan ikut memberikan tepuk tangan semangat sebagai tanda apresiasi karena adik berhasil membuang sampahnya ke tempat sampah.

Suksesku hari ini
Alhamdulillah Amurwa mau membuang sampah di tempat sampah hanya dengan diingatkan dan ditunjuk sampahnya dia langsung paham ke mana arah pembicaraan dan tujuan mabun.

Tantanganku hari ini

Memang tak dipungkiri tak serta merta auto langsung buang sampah. Harus ditunjuk dulu namun ada peningkatan dari pada kemarin.

Rencana hari esok
Tetap melatih kemandirian Amurwa agar dia terbiasa dan terlatih untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah dengan membuang sampahnya sendiri. Semoga esok hari sudah jadi terbiasa tidak selalu diingatkan. 


Perasaanku hari ini

Alhamdulillah perasaanku hari ini bahagia. Hari ini alhamdulillah dia mau membuang sampahnya ke tempat sampah meski harus ditunjuk sampahnya dulu.

Perasaan Adik Amurwa Hari ini

Alhamdulillah Adik terlihat bersemangat. Buktinya begitu diingatkan dia segera bergegas mengambil sampah dan berjalan menuju tempat sampah lalu membuang sampahnya. Alhamdulillah.

Yeay! Masih panjang jalan ini senoga konsisten menulis aamiin aamiin aamiin 



Alhamdulillah semoga bisa konsisten selama 15 hari dan terus berlanjut guna melatih kemandirian Adik. Aamiin

Terima kasih buat keluarga kecil yang ikut bersemangat membuat adik berlatih mandiri menjaga kebersihan.


Terima kasih banyak
Ini kisah Mabun NusaNTara

#harike2
#tantangan15hari
#zona2kemandirian
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar