Sabtu, 13 Juni 2020

Eja, Baca, Temukan Barangnya!

Eja, Baca, dan Temukan Barangnya!
Seru-seruan sama sepupu pagi tadi kami bermain dalam ajang kompetisi ala-ala.

Modalnya hanya kertas bekas dan pulpen yang sudah mabun tuliskan suku kata disertai gambar benda yang harus mereka cari beserta jumlahnya yang sudah ditentukan.

Sebenarnya permainan ini dikhususkan untuk Nusa (5y) dan Qyara (6y) karena mereka tahapan belajar membacanya masih dengan mengeja suku kata. Namun karena Iftiya (10y) mau ikutan jadi diberikan soal yang agak berbeda tentu dengan tantangan yang sedikit lebih rumit.

Cara bermainnya sederhana saja. Mereka disuruh mengeja kata, membaca, dan menemukan barangnya sesuai permintaan yang sudah Mabun tuliskan, namun permainan ini jadi lebih menantang karena dijadikan kompetisi dan diberi waktu kurleb 15 menit saja.

Bagi mereka ini bermain padahal secara tidak langsung banyak pelajaran yang mereka kerjakan dan penuhi. Mulai dari membaca, berhitung, berpikir dimana benda yang dicari. Terlebih motorik halus mereka dilatih dengan melakukan ceklis, menjumput benda, memetik, dan motorik kasar mereka juga dilatih karena lari ke sana ke mari mencari barang, duduk, berdiri dsb.

Mereka bahagia, Mabun apa lagi. Alhamdulillah hasil didapatkan. Juara 1 diraih oleh Nusa karena barangnya dapat dan jumlah semuanya tepat. Juara 2 diaraih oleh Qyara karena minus satu barang saja. Dan juara 3 diraih oleh Iftiya meski usianya paling tua namun dia berada di posisi tersebut karena kurang teliti dan terburu-buru dalam menghitung jumlah bunga. Tak apa namanya juga belajar bukan? Padahal Iftiya yang selesai pertama. Sebelum waktu habis dirinya sudah menyatakan selesai.



Setelah bermain kami melakukan review apa-apa saja kekurangan dan kelebihan mereka. Tujuannya agar mereka lebih memperbaiki diri lagi dan lagi. Dan sungguh sportivitas benar-benar ditinggikan dalam permainan kali ini.



Tetap semangat belajar dimanapun berada dan semoga permainan tadi tetap membuat anak-anak bersemangat di esok hari. Aamiin aamiin aamiin Ya Rabbal Alamiin


Ini #kisah #MabunNusaNTara #belajarrasamain #diruamahaja #belajaralaNusa #idebermain #diy #baca #temukanbenda #eja #literasi #membacakata
#DIYEduToyGA7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar