Selasa, 09 Juni 2020

Jaga Bumi Kita cintai alam sekitar

"Bun, kok Masih ada yang suka buang sampah di kali ya? Kasihan nanti ikan-ikan di laut bisa-bisa makan sampah plastik"

Kalimat empati ini keluar begitu saja dari mulut mungil Nusa kala kemarin kami melihat seseorang membuang sampah ke kali dengan begitu santainya. 



Di desa kami kesadaran orang untuk menjaga lingkungan masih minim. Entah kurang edukasi atau memang hatinya tak punya empati padahal yang melakukan juga mengenyam pendidikan bahkan juga menjadi tenaga pendidik. Ngenes! 



"Mereka mungkin kurang percaya sama hari akhir, Mas. Padahal kan Mas tahu sendiri segala tindak tanduk kita nanti akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat. Termasuk dalam hal membuang sampah" jelasku dan Mas mengangguk. 



Dari kalimat Mas dapat ditarik kesimpulan bahwa dia tahu air kali/sungai yang mengalir di desa kami akan menuju laut. Dan jika yang terbawa adalah sampah plastik tentu fatal akibatnya bagi biota laut. 


Pengetahuan itu didapat dari membaca salah satu buku bertema lingkungan yang kami miliki. Sepertinya buku memang menjadi salah satu media ampuh selain bercerita bagi anak-anak, untuk memahami segala sesuatu dan menambah ilmu.


Senang sekali rasanya @kayabaca_
menghadirkan buku-buku yang bertema lingkungan. Semoga buku-buku tersebut dapat menjadi teman setia anak-anak karena memberikan edukasi tentang menjaga alam sekitar dengan hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan. Aamiin



Semoga semakin banyak buku yang memberikan pemahaman bagi anak-anak bahkan semua orang agar lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Karena bumi kita ini semakin lama semakin tua. Semakin perlu perawatan ekstra. Jika kita sebagai makhluk yang menempati bumi tidak mampu menjaga bumi dengan baik maka bagaimana nasib bumi ke depannya? Akankah kelak anak cucu kita bisa menikmati keindahan dan kelestarian alam seperti kita menikmatinya saat ini?


Sayangi lingkungan, yuk jaga alam sekitar. Karena kalau bukan kita siapa lagi? Karena kalau tidak dimulai dari sekarang lalu kapan lagi?




Semangat mencintai bumi. Semangat menjaga dan merawat bumi. Selamat hari lingkungan hidup seduni 🤗

Tidak ada komentar:

Posting Komentar