Selasa, 31 Januari 2012

Ke Jogja Murah Meriah 2 hari semalam hanya 200ribuan

Ke Joga Murah meriah.

Buat teman-teman yang ingin atau akan merencanakan liburan Ke Jogja... saya punya beberapa tips yang bisa dibagi-bagi atau sekalian dijadikan pedoman or acuan. Tips dari saya ini sudah pernah diuji coba yah lumayanlah menghemat uang tapi tapi masih bisa senang-senang. yeah...

1. rencanakan perjalanan anda maksimal H-7. kalau memang sudah fix langsung deh tancap gas ke st. pasar senen untuk beli tiket kereta. inget! ini kan mau murah meriah jadi bener-bener harus rela naik yang kelas ekonomi. meskipun ekonomi tapi jarak dan kecepatan yang ditempuh hampir sama kok dengan kereta bisnis atau eksekutif. (yang pasti dapat tempat duduk)

  • pilihan kereta ekonomi ada 3 macam: KA. Progo (st.Ps.senen--st.lempuyangan). KA. Gaya Baru Malam (t.Jkt. Kota-st.Lempuyangan) dan KA. Bengawan. Ketiga kereta ini berhenti di st Lempuyangan Jogjakarta. jadwal keberangkatan juga beda-beda lho! Kalau KA. Progo berangkat jam 21.00 -- 07.30. KA. GBM berangkat 12.00- 23.00 kalau KA bengawan sedikit kurang tahu tapi yang pasti berangkatnya sore. jadi mungkin sampai sana lebih tengah malam. hihihihi. oh iya semua harga  karcis kereta nggak lebih dari Rp 40.000. ex: progo Rp35.000 kebetulan kemarin saya dan teman saya menggunakan kereta ini.

  • Lebih baik jangan pergi sendirian maksudnya bukan karena takut ya... tapi biar lebih murah. murah di sini maksudnya ongkos penginapannya bisa dibagi-bagi alias patungan. berikut ini adalah daftar harga losmen murah meriah di daerah dekat atau sekitar Malioboro....    tinggal pilih
    • Hotel Agung mas: Jalan Hos. Cokroaminoto No 108 Yogya (0274)619576/782 harga 99ribu untuk 2 orang.
    • Hotel Ndalem Suratin Guest: Jln. Am. Sangaji 68 Yogya 0274-7163092 Rp 75.000 untuk 2 orang
    • Okkie house: gang popies 0361-752081 Rp80.000 untuk 2 orng
    • Hotel Satya NUgraha: Jln. sosrowijayan baru no. 16 Banguntapan 0274-484010 Rp100.000 untuk 2 orang
    • Hotel guest Puri: jln. sosrokusuman 22 yogya belakang malioboro mall 70 ribu untuk 2 orang (nuansa bali loh)
    • Hotel kartika: 2 org kamar mandi luar Rp60.000 jalan sosrowijayan no 8 yogya 0274-562016
    • Hotel puspa Indah: jln. mayjen soetoyo no. 62 yogya 0274-371975 Rp85.000 untuk 2 orang
    • Hotel Intan: Jln Malioboro belakang mutiara hotel (50-100ribu)
    • nah.... karena kemarin saya dan teman saya kehabisan waktu dan tempat alias hotel yang paling murah penuh akhirnya kami menginap di hotel Familly. 90ribu untuk 2 orang. hehehehehe lumayan lah kalau dibagi 2.

  • kalau ingin makan. please deh.... jangan pernah sekali-kali makan di lesehan depan malioboro karena range harganya kisaran 10ribu ke atas. mendingan makan di angkringan. bayangin dong perbungkusnya nasi berlauk tempe dan bihun hanya seharga Rp1500. makan 2 bungkus aja kenyang banget. serius deh. kalau mau tambah lauk kaya gorengan tempe cuma 500perak. kalau mau tambah ati ampela cuma Rp1500. dijamin enak n kenyang. biasanya angkringan buka dari sore sekitar jm 18.00 sampe pagi.  kalau siang mending makan di warteg aja. atau nasi padang sekalian yang serba 6000 perak. beneran dah kan mau irit ceritanya.

  • untuk jaln-jalan keliling jogja mendingan kalian pakai transjogja aja cuma 3000 perak udah muter mana-mana. kalau mau ke borobudur lumayan agak jauh sih. naik transjogja pokoknya sampai halte or terminal Jombor. dari sana tingal naik angutan kaya kopaja ke arah borobudur seharga Rp10ribu. tapi jangan kaget ya.... masuk ke borobudur bayarnya Rp30.000 jadi harus nyiapn budget extra.... hehehehhehehe

  • kalau mau jalan-jalan naik becak keliling jogja cukup bayar 5ribu aja. itu udah standarnya. jadi gak usah ditawar lagi. oh iya hati-hati sama tukang becaknya ya... kadang dia ngajakin kita ke tempat-tempat seperti pabrik bakpia terus dagadu terus sovenir2 gitu... kalau dia menuju ke sana tolak aja. biasanya tuh tukang becak udah kong kalikong sama penjualnya. bilang aja kami sudah beli dan sekarang mau puter-puter aja. btw tukang becak di sana kaya-kaya loh. hpnya bagus. so.... selalu waspada yaa...(meskipun ada juga yang biasa aja)

  • kalau mau beli oleh-oleh biasanya bakpia.... jangan mau kalau di tempat yang dianter sama tukang becaknya... karena harganya mahal... sekitar 25ribu sekotak. mendingan beli aja di depan pasar Bringharjo. harga 10 ribu rasanya uenakkk gak kalah sama yang 25ribu. jadi inget teman saya cc: Desy.... hahahahhahahaha dia beli berapa kotak ya... dengan harga 25ribu. untung saat itu saya beli satu kotak. dan satunya lagi saya beli di pasar bringharjo yang super murah dan uenakkkk.

  • Ingat.... kalau ke jogja musti kudu harus wajib bawa peta. serius loh ini membantu sangat. oh iya kalau bisa bawa aja kompas. soalnya orang-orang jogja kalau ngasih petunjuk jalan selalu menggunakan patokan arah mata angin. utara barat timur selatan. beuhhh kecuali kalau kalian anak pramuka pasti udah hapal tuh.

  • apa lagi ya..... oh iya... inget yaaa mendingan pesen tiket kereta jauh-jauh hari... kalau bisa tiket pulangnya sekalian. jadi tenang nggak perlu grusa-grusu takut gak kedapatan tiket.

  • yuk kita rinci biayanya: PP jkt-jogja Rp75ribu (naik progo aja mendingan). makan 5x7500 (makan di angkringan udh sama minumnya teh) Rp37.500. penginapan Rp40.000(ini udah dibagi dua sama temen makanya kalau bisa cari yang super murah). jalan-jalan naik trans Rp 12000 (ini PP 2 kali perjalanan) tapi kalau mau jalan2 sekitaran malioboro dan keraton jalan kaki aja. lumayan deket kok sambil olahraga). biaya tak terduga ex: ada sesuatu entah apa Rp50ribu total semua Rp214.500

  • Inget biaya di atas gak termasuk masuk borobudur yak. terus juga gak termasuk belanja buat oleh-oleh... hehehehhehhehehehe. 

  • NB. saya akan ceritakan pengalaman saya ke jogja bersama teman di lain waktu... hehehhe :D


5 komentar:

  1. gag ke pantai PARIS ya?
    makasih y rekomendasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah waktu itu saya dan teman saya memang gak ada rencana ke pantai soalnya air laut lagi tinggi. :D

      Hapus
  2. untuk berikutnya, kalo ke jogja, sempatkan jalan ke merapi.
    full of lessons over there

    BalasHapus
  3. Waaaaaaaah. Sangat bermanfaat karena kepingin ke Jogja juga >.<

    BalasHapus
  4. Ayo...ayo... jalan-jalan. Mumpung masih muda :D
    Diam-diam aku baca blogmu loh. hihihi
    Salam Kenal ya :D

    BalasHapus