Jumat, 12 April 2013

Belajar dari Amanda :D

Selamat Malam...
Akhirnya bertemu lagi dengan hari Jumat. Hari penuh berkat bagi siapa saya yang senantiasa mensyukuri nikmat :)

Hari ini Seperti biasa mau berbagi kisah lagi tentang kegiatan bermanfaat di hari ini. Rasanya seperti full karena bisa mengikuti kegiatan bermain sambil belajar di PAUD Komunitas Menara hingga hari Jumat ini. Setelah kemarin sempat heboh dengan sentra bahan alamnya di hari Jumat ini adik-adik di PAUD Komunitas Menara semarak dengan kegiatan sentra IMTAQnya. Yup... Adik-adik di PAUD  melaksanakan kegiatan salat berjamaah. 

Seperti biasa sebelum memulai kegiatan selalu diawali dengan kegiatan baris berbaris dan berdoa. Bedanya setelah baris berbaris dan berdoa... adik-adik melaksanakan praktek wudu. Wuihhh hebat... di usia dini seperti itu adik-adik sudah bisa berwudhu. Meski sebagian ada yang masih dituntun dalam pelaksanaannya. Hari Jumat ini semuanya kompak mengenakan pakaian  busana muslim. Jadi tampil beda tambah lucu.  

Setelah selasai berwudu... adik-adik bergegas mengenakan perangkat salat seperti sarung (untuk putra) dan mukena warna warni (untuk putri). Indah warna warni. Beberapa anak putra sudah bisa mengenakan sarung sendiri tapi masih ada beberapa juga yang belum bisa mengenakan sarung seperti Rizal. Berkali-kali sarung dibentangkan ke sana ke mari namun ia tak berhasil dengan sempurna melipatnya :D jadi beberapa ada yang dibantu.

Sebelum praktek salat dimulai... Pak wani seperti biasa akan mendongengkan kisah-kisah nabi. Dan... Surprise karena hari ini kisah yang diangkat oleh Pak Wani adalah kisah Nabi Yusuf :D Salah satu nabi idolaku...hehehehe  :D (Silakan baca klik---> Yusuf Yosef) :D

Lucunya lagi nih yang memperagakan adegan ketika Nabi Yusuf di ceburkan ke dalam sumur diperankan oleh Ridwan (Anak PAUD B  yang menjadi idola bagia anak-anak PAUD A karena kerapihannya) Jadi semua yang mendengarkan lebih antusias dan fokus.

Usai bercerita kegiatan berlanjut dengan kumandang azan yang dibawakan oleh Rizal lalu diimami oleh Ragil dari PAUD A. Namanya juga anak-anak... beberapa ada yang tolah-toleh bahkan usil saat praktek salat subuh berlangsung. Aku dari belakang hanya bisa senyam senyum sendiri melihat tingkah mereka. Meski sesekali aku mengarahkan pada mereka untuk fokus. Ada kejadian unik dan lucu yang sempat aku perhatikan di kala itu. Beberapa sarung  milik adik-adik putra melorot. membuat mereka saling tertawa karena memang sarungnya terlalu besar. Sarung yang melorot milik Fahri :))

Usai melaksanakan praktek salat... secara serempak mereka bertasbih menyebut nama Allah :D huaaa... pokonya berkah dan bahagia sekali di Jumat hari ini :D. Mulut-mulut mungil mereka bersalawat dan berdoa secara khidmad... rasanya hati adem... adem banget.

Praktek salat selesai saatnya beres-beres. Yup... mereka sudah diajarkan untuk bertanggung jawab. Mereka bertanggung jawab atas perangkat salat yang mereka kenakan untuk disimpan dan diletakkan kembali pada tempat semua. Ada kejadian lucu lagi yang saya lihat saat hal tersebut berlangsung.

Amanda... adik PAUD B yang saat itu mengenakan mukena berwarna oranye seketika mengambil mainan "setrika-setrikaan" tadinya aku bingung dia mau melakukan apa... nggak tahunya dia mau "nyetrika" mukena yang dikenakannya agar terlihat rapi saat dikembalikan. Meski itu adalah mainan strika-setrikaan namun Amanda antusias sekali menyetrika dan melipat mukenanya. Saat itu aku hanya bisa geleng-geleng kepala dan tersenyum melihat tingkahnya. Lucu. Saat kutanya kenapa disetrika mukenanya dia bilang " Biar Rapi kak... mama aku kalau nyetrikain baju aku sama baju orang selalu rapi. Kadang aku yang bantuin mama dong Kak" Ujarnya tersenyum :D

Hari ini dari Amanda... aku diajarkan dan belajar untuk menjadi anak yang rapi. Biasanya habis pakai mukena aku selalu melipat asal-asla (Maksudnya asal lipat saja). Sejak lihat Amanda tadi aku jadi bertekad untuk belajar melipat segala sesuatu dengan rapi. Aku nggak mau kalah sama Amanda :P. Kalau Amanda bisa masa aku enggak :D



 
Ini Amanda :D


Terima kasih sudah mampir... saatnya untuk melipir...
Ingin curhat dengan saya? silakan follow saya di (klik) @reisadara :D

Salam malam sampai pagi :D dan bersyukurlah karena masih bisa menikmati hidup di hari ini :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar