Rabu, 22 Juli 2020

Bikin Sate Aci Yuk!


Bismillah

Pagi ini kami ngedapur. Dari kemarin jagoan ribut aja minta beli cilok. Namun pedagang cilok tak kunjung lewat beberapa hari ini.


Memanfaatkan aci dan terigu di rumah kami seru-seruan buat sate Aci.

Bahannya Aci 9 sdm, terigu 7sdm, baput 2, garem secubit, kaldu ayam, irisan daun bawang sledri, dan air panas 1,5 gelas. (airnya harus mendidih ya biar jadi)


Sengaja dibuat model sate gini agar lebih mudah makannya ketimbang dibuat cilok macam bakso. Jagoan juga lebih berasa bikin sate.

Tugas Mas Nusa dan Adik selain membuat bola-bola satenya dan menusuknya juga berhitung.

Setelah tahu total jumlah tusuk satenya dia bagian merebus sampai matang. Total tusuk satenya ada 20 buah. Setiap tusuk terdiri dari 3-4 adonan yang dibulatkan.

Di sini belajar mengenal waktu. Alhamdulillah sedikit-sedikit sudah bisa membaca waktu (lihat jam) jadi mas sudah kira-kira kapan bisa matang ciloknya.

Setelah matang dibagi menjadi 2 piring. Mas Nusa secara tak langsung belajar pembagian. Bagaimana agar jumlahnya sama banyak. Karena piring 1 dibumbu kacang pedas dan piring kedua bumbu kacang kecap manis.

Bagi Adik Tara kegiatan ini melatih indra perabanya karena dia agak jijikan. Tapi alhamdulillah tadi mau ikut bantu. Selain melatih mororik halus adik juga dikenalkan konsep besar kecil ukuran Aci yang dibulatkan.

Kegiatan ini juga melatih kepercayaan diri jagoan bahwa kecil-kecil bisa masak lho dan enak!

Iyalah enak apalagi bumbu kacang bikin yummy banget. Dalam sekejap saja habis tak bersisa

Teenyata kalau bikinnya sedikit bisa nagih banget malah sampai mas bilang kurang banyak bikinnya. Oke ternayat resep ala-ala mabun sukses bikin sate acinya lembut dan gak alot. Buktinya adik doyan dan bisa ngunyahnya. 

Semoga kegiatan kami hari ini senantiasa mendapat ridho dari Allah Subhanahu wa Ta' ala aamiin aamiin aamiin Ya Rabbal Alamiin


Oke semoga senantiasa menginspirasi dan menjadi catatan tersendiri bagi buah hati. 


tetap semangat membersamai buah hati meski di rumah aja

Alhamdulillah
#GerakanMainBarengAnakdirumah #MabunNusaNTara #Idebermain #masak #sateaci #seru-seruan #belajaralaNusa #BelajaralaTara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar