Rabu, 08 Juli 2020

Mengenal Fase Bulan Yuk

Alhamdulillah akhirnya hari ini Mabun dan Mas Nusa belajar mengenal fase bulan dengan media kardus bekas.



Dulu pernah mengenal konsep fase bulan dengan media makanan (oreo) namun hanya sebatas mengenalkan saja. Nah biar kenalannya lebih asyik di usia Mas 5 tahun ini kita kenalan lebih dalam dengan fase bulan.


Mabun sudah buatkan mainan fase bulan dengan metode geser-geser macam di gambar.


Mas Nusa yang selalu gerak aktif disodorkan mainan gini tentu seneng banget karena fokus dia mendengarkan mabunnya berceloteh bisa diakomodir dengan baik sambil tangannya gerak-gerak muter-muterin fase bulannya.


Cara bermain, ajak anak mengenal setiap fase bulan dengan cara menggeser kardus berbentuk segitiga atau bagian atasnya.

Sebutkan nama fase bulannya dan biarkan anak mengamati bentuknya. Seharusnya malam ini megidentifikasi keadaan bulan. Namun tadi ke luar rumah bulannya belum nampak (yang ada hanya bintang bertaburan) jadinya permainannya diganti. 

Mabun menyebutkan nama fase bulan dan Mas menunjukkan mana fase bulan yang telat eh tepat sesuai yang disebutkan mabun. 

Yah sekalian belajar membaca kata. Jadi sekali mendayung semuanya bisa terlampaui. 😂


Alhamdulillah ini sekaligus menyelesaikan tantangan di hari ke-10 yang diberikan oleh Pak Eri selaku Psikolog anak yang membersamai orang tua Hebat Banyumas dalam membuat rancangan permainan bersama anak. (Main bersama anak dengan rileks)


Alhamdulillah senang sekali rasanya bisa konsisten menjalankan permainan yang sudah dirancang meski beberapa waktu lalu sempat sakit namun kegiatan tetap dilaksanakan dengan baik dan menyenangkan.



Entah kenapa kalau dengar istilah tantangan rasanya jiwa mabun bergelora sekali untuk menyelesaikannya. Serasa gimana gitu. 😅


Mentang-mentang suka ikutan Challenge dan Give away jadinya suka banget menjalankan ini semua. Apalagi tantangannya berkaitan dengan anak-anak yang hampir selama 24 jam membersamai mereka. 😍



Semoga kegiatan positif ini senantiasa dijalankan dengan sebaik-baiknya dan menjadi bekal pembelajaran untuk Mas Nusa selama sekolah di rumah aja bersama Mabunnya.


Alhamdulillah bisa menjadi guru lagi dengan anaknya sendiri yang menjadi murid. Pengalaman mengajar anak SD dan SMP jadi bekal untuk mengajar Mas Nusa yang harusnya sekarang sekolah TK.


Tetap bersyukur dan menikmati peran sebagai Ibu dan Guru bagi buah hati. Karena kalau bukan mabun siapa lagi?


With love
Mabun Reisa Dara Rengganis
@reisarengganis 

1 komentar:


  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus