Selasa, 04 Februari 2014

Bahasa Lampung

Pernah dengar Bahasa Lampung?

Beberapa teman yang saya tanya sebagian mengangguk dan sebagian lagi menggeleng. Teman yang mengangguk bilang kalau bahasa Lampung itu bahasa Jawa.

Padahal jawabannya bukan itu. Memang sih sebagian besar penduduknya menggunakan Bahasa Jawa sebagai alat komunikasi, namun sejatinya terdapat kosa kata yang berbeda dengan Bahasa Jawa itu sendiri.

Maksud Bahasa Lampung yang ingin saya bahas di sini adalah bahasa yang tulisannya menggunakan aksara seperti Hanacarako. Entah kalau di Lampung istilahnya di sebut apa.

Saya menemukan sebuah tulisan di papan tulis sebuah sekolah dasar sederhana tepatnya di desa Jabung.

Tulisan tersebut berjudul Bahasa Lampung. Saya jadi berpikir, ini bahasa keren sekali, seperti huruf kanji. Sayang kalau nanti keberadaannya punah atau enyah karena tak banyak yang menggunakannya.

Jujur, saya salut sama sekolah tersebut yang mengajarkan anak didiknya untuk sekadar mengenal bahasa ibu mereka.

Saya terkesan sekali dengan Bahasa Lampung. Kalau ditanya alasannya kenapa, mungkin jawaban saya masih sama. Sama rumitnya dengan bahasa Jepang, Cina, Korea, atau bahkan Jawa.

Indonesia kaya bahasa
Semoga tak enyah dengan tergesa
Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar