Jumat, 21 Februari 2014

ISPO 2014

Indoseian Science Project Olympiad (ISPO) adalah ajang bergengsi tentang hasil karya anak bangsa (SMP-SMA) dalam bidang sains yang dipamerkan dan dilombakan. ISPO 2014 ini, merupakan kegiatan yang keenam kalinya. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari (18-20 Februari 2014) di Taman Mini Indonesia Indah, tepatnyabdi gedung Sasono Adiguno.

Dalam ISPO ini, kita dapat melihat hasil karya anak negeri yang luar biasa mempesona terbagi dalam lima  kategori, yakni Biologi, Kimia, Fisika, Teknologi, dan Lingkungan Hidup.

Senang sekali rasanya karena saya mendapat kesempatan untuk berkecimpung lagi terkait acara membanggakan seperti ini. Bagaimana tidak, melalui ajang ini saya dapat menarik suatu simpulan bahwasannya anak-anak Indonesia memang cerdas, pintar, dan kreatif.

Ada sekitar 120 karya yang dipamerkan dalam ajang ini. Semuanya menarik! Beberapa karya anak SMP/SMA yang memikat hati saya antara lain, gula rendah kalori dari bahan ubi jalar, game unsur periodik, Nata de coco dari bahan kulit buah naga, lotion anti nyamuk dari buah tomat, alat pencarger ponsel dari bahan panel surya, inkubator bayi dari bahan sederhana, neutron sebagai radiasi untuk mempercepat pertumbuhan sawi, dan masih banyak lagi hasil karya yang begitu membuat saya berdecak kagum. Hasil karya anak-anak ini tentu saja akan bermanfaat bagi kita semua.

Meski nanti akan dipilih sang juara dari berbagai kategori yang nantinya akan mewakili Indonesia di kancah internasional, namun  bagi saya 120an peserta ini sudah menjadi pemenangnya.

Semangat Indonesia, kalian hebat dan luar biasa. Anak-anak SMP-SMA telah membuktikan bahwa mereka bisa. Sayang rasanya jika hasil kreasi anak bangsa ini hanya bersinar sesaat lalu redup selamanya. Butuh kerjasama berbagai pihak agar hasil karya anak-anak Bangsa ini dapat dimanfaatkan bukan hanya saat ajang pameran.

Oke, saya harus mendampingi salah satu kelompok di hari kedua ini. Semoga semua senantiasa sehat. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar