Kamis, 26 November 2020

Mengenal Ciptaan Allah dengan Bermain Sensori


MaaSyaaAllah Tabarakallah
Kemarin jagoan dapat hadiah GA berupa seperangkat permainan sensory yang diselenggarakan oleh @mamakstrong dan @elnaramontessori.id 

Nusa 5y n Tara 2y seneng banget apalagi emaknya karena bisa buat senjata amunisi bermain di dalam rumah di tengah kondisi mereka yang lagi batpil.

Nusa yang rasa ingin tahunya tinggi bertugas merendam waterbeadsnya selama beberapa jam di dalam wadah. Dari habis subuh dia sudah mulai sibuk merendam sambil nungguin proses waterbeadsnya mengembang. Excited banget dia karena lihat sendiri perubahan waterbeads dari ukuran mungil menjadi bening dan besar.

Tugas mabun menata waterbeads dan dough di sebuah wadah disertai isian aneka hewan dan animal grownya. Lepas ditata semua siap dimainkan.

Seperti bisa sebelum memulai aktivitas bermain kami selalu mulakan dengan membaca basmallah bersama. Alhamdulillah semoga dengan permainan ini bisa menambah pengetahuan kami terhadap segala sesuatu.

Khusus untuk adik dia menikmati banget dari mulai menyentuh, meremas, menyendok hewan-hewan yang bersembunyi di dalam waterbeadsnya. Sekalian latih motorik halus. Kalau Mas Nusa dia bagian imajinasi seolah-olah itu daratan dan lautan pelangi. Sambil penasaran apakah mainan kapal-kapalannya bisa  berjalan jika dipermukaan waterbeads yang bergelombang? dan ternyata gak bisa 😂

Bermain ini sekaligus mengenal Allah melalui ciptaanNya agar mereka semakin bersyukur dan memahami kebesaran Allah. 


Alhamdulillah permainan ini juga sekaligus bisa memenuhi tantangan Bunsay di zona 4. Ya Allah cepat sekali sudah masuk ke zona 4.


Di zona 4 ini kami sebagai ibu bertugas untuk mengamati dan mengobservasi gaya belajar anak-anak. Oleh karena itu permainan ini menggerakkan 3 gaya belajar dari mulai visual, auditori, dan kinestetik.



Oke karena mabun bermain dengan 2 anak jadi tadi 2 anak diobservasi. Cuma dalam tulisan ini mabun menuliskan fokus ke Mas Nusa 5y


Dilihat dari segi ICAN sesuai materi yang dijelaskan oleh kakawi ternyata permainan ini bisa menyentuh seluruh aspek.


Aktivitas hari ini
Bermain sensori untuk mengenal ciptaan Allah


Proses kreativitas
Berimajinasi dengan membayangkan mainan tersebut sebagai seklumit kehidupan laut yang sesungguhnya. 


Tujuan belajar
Mengenal Allah melalui ciptaannya

IC (Intelectual Curiosity)
-belajar bagaimana waterbeads yang kecil bisa membesar saat direndam dengan air
-mengenal apa saja ciptaan Allah dengan menyebutkan berbagai hewan

CI (Creative imagination)
-Mengimajinasikan diri sebagai penolong hewan yang terjebak dalam waterbeads.
-Memikirkan alat yang sederhana untuk adik agar mudah menyendok waterbeads. Nusa mengambil sendok.

AD (Art Of Discovery)
Belajar memahami bahwa semua ciptaan Allah. Dari mulai hewan yang kecil sampai hewan yang besar. Mencoba menggerakan kapal mainannya apakah bisa berjalan di waterbeads yang bergelombang.

NA (Nobel of Attitude)
-memulai permainan dengan membaca basmalah
-bergantian dengan adik dalam menyendok pakai gayung kecil
-mampu menyelamatkan hewan yang terjebak
-mengambilkan adik sendok
-turut membersihkan mainan setelah digunakan.



Refeleksi
Alhamdulillah permainan yang mabun sediakan disambut antusias oleh 2 jagoan. Nusa dengan mudah menolong hewan-hewan yang terjebak waterbeads. Mau mengambilkan adiknya sendok agar sang adik mudah mengambil hewan ataupun waterbeads. Mampu mengenali ciptaan Allah dari hewan kecil dan besar.

Mengenal hewan laut dan darat.

Untuk adik sendiri pun sungguh diluar dugaan. Adik dengan mudah mendengarkan aturan yang dibuat. Bahkan membantu menaruh waterbeads ke dalam wadah sesudah digunakan.

Alahmdulillah


#KisahMabunNusaNTara #belajaralaNusa #belajaralaTara

#harike1
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar