Senin, 09 November 2020

Mengenal Tubuhku Yuk

Mengenal Tubuhku

MaasyaaAllah Tabarakallah baru saja kemarin kami membuat media pembelajaran terkait sistem pernapasan manusia menggunakan stik es krim dan mempelajari tentangnya (Baru sempat posting sekarang, alhamdulillah).

Tak kenal makan tak sayang begitulah pepatah mengatakan. Alhamdulillah sudah beberapa bulan ini materi pembelajaran kami memang bertema Tubuhku. Sebelumnya Mas Nusa 5y sudah mempelajari tentang sistem pencernaan. Bagaimana Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya (At-tin: 4). 

Mas Nusa belajar mengenal tubuhnya. Dan begitu tahu betapa Hebatnya Allah menciptakan tubuh manusia beserta isinya dia sampai takjub. Waktu pertama dikenalkan sistem pencernaan Nusa bilang "Allah Hebat Ya, semuanya muat di dalam tubuh" dan begitu kemarin dia tahu tentang sistem pernapasan (alat-alat pernapasan dalam tubuhnya) dia lebih merasa takjub lagi. "Ya Allah tubuh kita muat buanyak banget, Allah Hebat banget ya, Bun" MaasyaaAllah.

Semakin kenal dengan tubuhnya semakin sayanglah dia. Yap, dia akan semakin peduli dan berusaha merawat tubuhnya, dan menjaganya agar tetap sehat. Sebagaimana yang kami pelajari kemarin dengan printtable dari @readplayeveryday tentang isi perut manusia sesuai hadis Rasulullah Shalallhualaihi wasalam bahwa isi perut manusia terdiri dari 1/3 udara, 1/3 air, dan 1/3 makanan (HR. Tirmizi). Hal itu pun sesuai dengan buku yang kami baca tentang keseharian Rasulullah yang berjudul Aku Cinta Rasulullah. Rasulullah Shalallhualaihi wasalam sendiri sudah mencontohkan agar kita makan tidak terlalu kenyang.

Nusa sudah bisa mengambil benang merah dari kegiatan harian yang biasa kami lakukan dari mulai membaca buku dan bermain permainan diy yang kami buat. Nusa sendiri bilang mulai sekarang dia kalau makan sudah tidak mau terlalu kenyang karena memang dia merasa kekenyangan membuat dia menjadi malas dan malah mengantuk 😂

Alhamdulillah dengan bermain stik puzzle seperti yang kami buat secara tidak langsung selain mengenalkan nama-nama organ pencernaan dan fungsinya sekaligus melatih motorik halus dan daya konsentrasinya dia. Sekarang Nusa sudah paham dan hapal bagaimana makanan dicerna dalam tubuh

Prosentasenya 80 persen karena dia sudah terlalu sering membahas tubuhnya jadinya merasa gape

#harike12
#tantangan15hari
#zona3cerdasemosidanspiritual
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia
#familyproject
#sahabatterbaik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar