Minggu, 11 Maret 2012

Raja Kibul

Nama gue Tara... tapi panggilan tenar gue adalah Raja Kibul. sebenarnya sih gue mau protes harusnya kan Ratu kibul kan gue perempuan... tapi nggak apa-apa sih mungkin gue emang lebih cocok dipanggil Raja Kibul.
gue emang seneng banget ngibulin temen-temen SMA gue. tapi tenang aja semua masih dalam batasan bercanda kok. emang sih terkadang ada sebagian temen gue yang marah sama kibulan gue... tapi sebagian anak-anak malah seneng tuh. ya setidaknya gue bisa menjadi penghibur merekalah. contohnya dua hari yang lalu... saat gue bilang ke anak kelas gue bahwa hari ini ada ulangan fisika. jadi deh mereka pada serius belajar. emang biasanya Pak Handoko (guru fisika) setelah habisin materi bab pasti ngadain ulangan dan kebetulan minggu ini udah terakhir bab 3.
pas jam fisika tadi anak-anak sekelas sudah pada siap dengan catetan rumus di mana-mana. sampai akhirnya Wita sang sekretaris bertanya tentang soal ulangan yang biasanya dibagikan. "Memangnya hari ini bapak menjanjikan ulangan?" ucap Pak Handoko dan bikin anak-anak kelas nengok ke arah gue. Berbagai tatapan sengit.. kesel.. bete... tapi banyak juga kok yang ketawa melihat gue. hahahahah.
tapi jadi tukang kibul kadang ada gak enaknya juga. semua omongan yang keluar dari mulut gue dicap sebagai omong kosong jadi percuma aja kalau gue mau ngomong jujur pasti nggak bakalan ada orang yang mau percaya. contohnya saat istirahat tadi. Ratih temen sekelas gue mamerin orang yang jadi idolanya pada sebuah majalah remaja yang ia bawa ke anak-anak termasuk ke gue. Gue kaget banget karena orang yang dimaksud Ratih itu rasanya gue kenal banget. pas gue baca profilnya baru deh gue tahu. di majalah tersebut dikatakan bahwa dia merupakan seorang model remaja yang menjadi model favorit pilihan kaula muda. tapi di mata gue dia tetap seorang teman kecil yang gue kenal hampi enam tahun lamanya. 
Namanya Alfian dari kelas satu sd gue udah satu jemputan ojek sama dia. Dulu kami temen akrab di sekolah bahkan di rumah. kebetulan kita emang satu komplek. tapi hal tersebut nggak berlangsung lama. terlebih setelah keluarga gue pindah ke Surabaya kita udah bener-bener kehilangan kontak. nggak nyangka... jakarta bisa bikin dia jadi model terkenal. mana tambah ganteng lagi.
"itu temen gue waktu SD dulu" ucap gue ke Ratih dan temen-temen yang lain.
"Duh... Tara kalau mau ngibul jangan pakai menghayal dong!" Ucapan Ratih bikin gue diem. Ye orang gue lagi nggak ngibul juga.
"Ya udah kalau nggak percaya... sini gue minta alamat emailnya dan nanti kalau dia ngebales bakal gue kasih tahu ke lo.
"Heloo Tara... iya kalau dia mau ngebales email lo. orang gue aja udah ngirim 12 kali gak ada yang dibales satu pun tuh.
"Yaudah liat aja nanti" putus gue.
                                                                                  ****
Ratih akhirnya ngasih alamat alfian. sepulang sekolah buru-buru gue cabut ke warnet... maklum belom sempet ngisi pulsa modem. nggak ada duit juga. dan gue pun mengirimkan email ke dia. sebelum ngirim gue sempet ragu sih takutnya dia lupa sama gue. tapi akhirnya email itu ke kirim juga.
seminggu... dua minggu... bahkan sampai satu bulan sama sekali nggak ada balasan email fian. sementara Ratih dkk ngetawain gue aja. mungkin juga Fian udah lupa sama gue.  ah sudahlah memang gue nggak pantas dipercaya kali. lagian kehidupan gue dan fian juga udah beda jauh.
                                                                                 *****
Sebulan lagi sekolah gue ngadain Pensi dan kebetulan gue termasuk panitianya. ya biasalah sekolah mau unjuk gigi memamerkan kreativitas murid-muridnya. ada sedikit yang gue kaget ketika tahu yang bakal jadi MC salah satunya adalah Fian. Sekarang dia udah merambah ke dunia sinetron. Fuih keren amat ya... temen sd gue. Ratih didaulat jadi pasangan MC-nya. ya cocok sih. yang satu ganteng yang satu cantik. harusnya gue seneng ya kalau bisa ketemu sama fian kan gue bisa jadi ngebuktiin kalau emang gue bener-bener kenal sama dia. tapi kok gue juga rada takut ya... apalagi pas Ratih bilang " Tuh ada kesempatan untuk ngebuktiin kalau idola gue adalah temen lo!" Hoaaaaa gue jadi takut sendiri. takutnya Fian bener-bener lupa sama tampang gue. Hah!
                                                                              ******
akhirnya cara Pensi datang juga walaupun pensi diadain di sekolah tapi tetep aja penontonnya banyak. dari jam 07.00 gue udah standby dengan kamera digital gue... seksi dokumentasi yang lain juga udah tersebar kok. Dan untungnya gue dapet yang jauh dari pnggung acara.
acara dimulai pukul 09.00. dari kejauhan sekilas gue ngeihat Fian sedang berdiri berdampingan bersama Ratih. acara diisi dengan pertujukkan tari dari yang tradisional sampai yang modern. aksi panggung para band indie juga tak kalah spektakuler memukau para penonton yang bisa ditaksir dari anak smp sampai seumuran gue. Jam sudah menunjukkan pukul tiga sore  tapi tetep aja penontonnya semangat. akhirnya gue masuk ke ruang konsumsi. habis laper dan capek berdiri jepret sana sini. lumayan bisa foto sama artis-artis lokal yang sedang istirahat setelah manggung.
akhirnya Pensi kelar juga pukul lima sore. ditutup dengan aksi panggung The purple dengan lagu hitsnya tak terlupakan. huaaaa keren. para penonton yang udah pada pulang hanya menyisakan sampah botol dan pekerjaan berat untuk panitia: beres-beners.
"Tara... nih mumpung ada orangnya.... coba lo buktiin omongan lo waktu itu!" ucap Ratih dari arah belakang saat gue sedang asyik memperlihatkan hasil jepretan gue ke anak-anak. otomatis gue langsung nolehlah. nggak nyangka sekarang Ratih sedang berdiri bersama Fian di depan gue.
"Emang ada apa sih?" tanya Alfian bingung sementara gue hanya nunduk dari tadi. Malu.
"Gini lho... Fian... katanya Tara... kamu dulu teman sd nya dia. gue sih nggak percaya habiskan Tara raja kibul... ya berhubung lo ada di sini gue cuma pengen ngebuktiin aja" Ucap ratih dengan nada yang sedikit tinggi.
gue ngerasa Alfian lagi merhatiin gue dari ujung kaki ke ujung rambut. gue cuma bisa berdoa... semoga dia inget gue. tapi kalau nggak inget juga nggak apa-apa sih. paling-paling gue dapat malu. 
"Lo... Artara kan... yang dulu gue panggil Tata... Ya ampun!!!!!"
ucap Alfian dan bikin gue lega seketika. Fian langsung meluk gue seneng. gue nggak bisa banyangin apa yang ada dipikran Ratih dan temen-temen yang ngelihat gue saat itu yang pasti sih gue bahagia banget dia masih inget gue.
"heh... lo kemana aja sih... tahu-tahu ngilang nggak pamit. rumah lo sepi gitu aja. gue inget banget terakhir gue berantem sama lo. pas gue mau baikan eh lo malah nggak ada. katanya pindah.Lo pindah bukan gara-gara benrantem sama gue kan. lagian dulu masalahnya juga sepele banget rebutan untuk duduk di depan ojek jemputan.
"gue kira lo lupa sama gue...ye... geer lo. dulu gue pindah juga karena bokap dipindah tugas ke sini. dulu juga pindahnya dadakan. gue juga sebel sih.hahahah tapi gue lebih sebel sama lo. email gue nggak dibales-bales. hampir seabad! mentang-mentang udah jadi artis" crocosku panjang lebar.
"ye elah... nggak sempet kali. itu juga email yang bikin manajer gue.hahahaha/ sumpah-sumpah dunia sempit banget. tahu-tahu gue nemuin lo di sini." jelas Fian dan akhirnya kita berbincang bersama sampai lupa kalau ada Ratih dkk.
"Tara maafin gue ya... sekarangt gue percaya kalau Fian ini temen lo." ucap Ratih sambil menyodorkn tangannya tanda permintaan maaf. gue pun memaafkannya lagi pula kalau nggak ada Ratih mungkin gue nggak bisa ngobrol sama Fian kaya gini. hahaha. Gue sempet ngajak Fian muter-muter Surabaya. Bahkan gue sempet tukeran no hp sama dia. kita pun akhirnya menjalin persahabatan seperti dulu.


THE END
NB: cerpen ini pernah dimuat di salah satu majalah muda di Surabaya dan yang ini dibuat dengan sedikit perubahan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar