Selasa, 10 April 2012

Masa-Masa TK

Taman Kanak-Kanak...
menyebut itu membuat saya teringat akan masa kecil saya di sebuah TK yang bernama Seruni. Letaknya sangat dekat dengan rumah saya dulu. Hanya perlu melangkah sekitar 25-45 langkah orang dewasa. Gara-gara melihat sepupu saya Aldrichia pagi ini yang dengan suka cita bersekolah (TK) saya teringat lagi masa itu. Melihat permainan yang memang lazim ada di setiap TK membuat saya melesat ke masa sekitar 17-20 tahun silam. saya lupa saya masuk TK umur berapa. Tapi yang pasti saya masuk TK langsung kelas nol kecil. Dulu masih belum tren anak-anak disekolahkan di playgroup. saya ingat... setiap hari senin saya mengenakan rompi bewarna coklat. dengan potongan rambut ala  Demimore yang ngebob saya terasa begitu tomboi. Dari dulu sampai saya sebesar ini satu gaya saya yang tak pernah berubah. Judes. hahahhahahahhaah
saya dulu tipikal orang yang suka ngatur. kalau mau temenan pilih-pilih dulu. padahal masih bocah tapi lagaknya sok banget. saya menentukan siapa berteman dengan siapa. saya suka mengompori teman-teman lain untuk tidak berteman dengan anak yang tidak saya senangi. saya akan marah kalau mainan saya berupa boneka tangan di mainkan oleh teman lain. padahal mah itu permainan bersama. istilahnya saya suka ngeBos. hahahha kacau. Meskipun begitu saya punya teman yang banyak kok. saya masih ingat beberapa nama teman dekat saya.. seperti lutfi... dita...andre akh... ternyata cuma tiga yang saya ingat. hahahha
Semasa TK.... saya paling gemar bermain "Pelosotan" itu sebutan saya dan teman-teman.Mungkin bahasa okena seluncuran kali ya. hahaha. saya senang sekali bergaya superman... jadi berseluncur dengan tengkurap. dan itu seingat saya menjadi tren ketika pelosotan tidak digunakan sebagaimana mestinya yang seharusnya duduk.
Kalau ayunan... saya justru paling curang. saya ogah mengayun orang yang duduk. saya lebih suka duduk manis dan diayun-ayunkan dan seingat saya.... nggak pernah mau gantian. hahahah perasaan jahat banget sama temen-temen yang lain. sekarang pas udah gede jadi menyadari... iyalah namanya juga anak kecil. banyak aja lagaknya.
Oh iya... jenis permainan yang lain yaitu jaring laba-laba dengan cat berwarna-warni. saya ingat selalu menaikinya hingga puncak tertinggi sampai-sampai saya disuruh turun karena guru saya takut kalau saya jatuh.
berbicara soal guru... saya jadi ingat mereka... saya hapal mati sampai sekarang nama guru TK saya. Bu Rani dan Bu Ida. Bu Rani rambutnya selalu dikuncir kuda... suaranya membahana... selalu mengajarkan lagu-lagu sepanjang zaman. Kalau Bu Ida... seingat saya... kalau saya menangis... saya selalu mencari beliau. Beliau punya tahi lalat di atas bibir. Tapi saya lupa sebelah mana. Rambutnya pendek dan sedikit ikal. Kalau tidak ada dua guru ini... mungkin sampai sekarang saya tidak akan pernah hapal lagu Balonku... Topi saya bundar... Potong bebek angsa... dst. Serta mungkin saja saya tidak bisa menuliskan angka-angka.
Beberapa hal masih saya ingat... seperti tas ransel saya yang berkepala monyet... bekal saya yang selalu dan selalu antara mie goreng dan ciki taro. hahahhaha.
wah.... masa-masa TK... paling favorit kalau lagi kartinian. tanggal 21 april... saya akan selalu tampil cantik dengan berbagai pernak-pernik di pakaian dan rambut saya. terus... tahu-tahu dapat hadiah sebagai busana terbaik... Wah...
Tapi satu hal yang selalu saya ingat sampai kapanpun. Saya tidak suka diantar. Bukan karena jaraknya yang dekat... hanya saja saya takut mama saya diculik. Ya... pernah suatu hari... mama mengantarkan saya ke TK... saya selalu melihat mama dari jendela. Hal seperti itu selalu membuat saya merasa was-was. Mama masih ada nggak ya... eh sampai suatu ketika ketika jam istirahat atau bermain saya melihat mama saya dibawa oleh sebuah mobil berwarna putih. dan meskipun pada akhirnya sekarang mama saya benar-benar menjadi milik "penculik" itu. hah!
saya takut orang yang mengantar saya kenapa-kenapa. mendingan saya berangkat sendiri dan pulang sendiri. jadi teringat filosofi dari nama tengah saya "Dara". layaknya seekor burung... burung Dara selalu tahu jalan pulang meskipun ia pergi sejauh mungkin. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar